Komuter Bogor Jakarta, chapter Bis Umum

Hmm… pertama kali tinggal di Bogor, tepatnya pinggiran Bogor (Ciawi), transportasi yang aku gunakan pertama kali sih bis umum jurusan Sukabumi to Bekasi/Karawang.  Woah.. bukan main panasnya, mana sepanjang jalan berdiri lagi. Sampai di Cawang terjebak macet yang cukup panjang, dalam hati mbatin wah bakalan cepet tua di jalan nih hehehehe… turun cawang berganti cari bis patas damri yang jurusan H. Rasuna Said, ancer-2 nya kalo ga 47 ya 79. dapet jga. Kirain bakalan duduk eh ga taunya tetep aja berdiri dan terjebak macet lagi sepanjang jalan ke rasuna. Bener-2 apes deh. Itung-itung sepanjang jalan bisa habis 2,5 jam. Buset dah…..

Next day aku lebih milih ke jakarta naik pakuan express deh, bela-belain dari ciawi turun di mall ekalos trus nyambung yang ke stasiun, berangkat 1 jam sebelum waktu keberangkatan. total jendral seluruh waktu perjalanan makan 2 jam. lumayan bisa ngirit 2 jam. Keep thinking positive man.

Beberapa bulan kemudian sehabis main ke rumah bude yang di JKT daerah ampera raya, pulangnya aku iseng-iseng nyari bis ke Bogor di terminal Lebak Bulus, karena menurut saudaraku ada bis yang ke Bogor dari terminal tsb. Eh betul juga ternyata ada Bis berwarna merah menyala nama lambungnya Agra Mas, tertulis Lebak Bulus – Bogor via Cilandak. Cilandak ? batinku hmm hmm hmm. Aku segera melangkahkan kaki naik ke bus tsb, waw interiornya lumayan rapih, AC pula. Tarifnya sedikit lebih mahal sih dari bus yang ke UKI, saat itu Rp. 10000. Ah, ngga pa pa, yang penting faktor kenyamanan terjamin, dan sepanjang jalan bebas pengamen juga pedagang asongan. Eh, ternyata bis ini dari Lebak Bulus gak langsung masuk tol, beneran mampir dulu melewati perempatan cilandak untuk nyari penumpang, baru masuk pintu tol cilandak. Wah, otakku langsung muter… kalo bis ini dari Bogor lewat Cilandak berarti bisa donk aku turun situ, terus naik angkot/metromini yang ke arah ragunan, entah turun di Halte busway Departemen Pertanian or halte busway Ragunan.

Keesokan harinya aku coba jalankan rencanaku tersebut. dan memang bener jalurnya bebas macet. Naik agra mas, dari jagorawi masuk tol simatupang (bebas dari tol cawang) terus turun di Cilandak.Dari cilandak ambil angkot 36 dan berhenti di perempatan deket Deptan. terus nyambung Busway ke Rasuna Said. Over all perjalanan memakan waktu 1 jam 45 menit. plus nyaman hehehe. akhirnya dapet juga alternatif lain walau cuman menghemat 15 menit, tapi sangat-2 berarti buat komuter sepertiku. Ternyata kalo hidup dijalani dengan ikhlas, ucap syukur, dan sukacita pasti ada aja jalan keluar dari masalah yang kita hadapi. Thanks God

Pos ini dipublikasikan di Transportasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s